Gresik merupakan kota Industri di dekat Surabaya. Beberapa wisatanya adalah bekas tambang kapur yang menjadi sangat indah untuk berswafoto, yaitu Bukit Kapur Sekapuk. Selain itu, ada Pulau Bawean yang sangat lengkap, dari pemandian air panas hingga air terjun. Jika sedang berkunjung ke sini, kalian pun tak perlu khawatir akan kelaparan. Ada banyak kuliner enak Gresik selain Nasi Krawu yang wajib dicoba. Apa saja, ya?

1. Pisang Goreng Kekinian

Gedang Gondes Gresik
Gedhang Gondes Gresik [image source]

Sore-sore ngemil pisang goreng memang nikmat. Apalagi jika hujan sedang turun dan ada secangkir kopi atau teh hangat yang menemani. Daripada yang biasa, kini ada jenis pisang goreng kekinian yang siap menjadi teman menikmati hujan. Adalah Gedhang Gondes Gresik yang bisa dibeli di Jl. Beton XX no. 12 Perum Pongangan atau kamu bisa mendapatkannya dengan layanan pesan-antar. Dengan balutan kulit krispi, pisang ini makin enak dengan cokelat dan taburan keju yang super banyak. Ada juga pilihan rasa lainnya, seperti Oreo, juga green tea.

2. Bola-bola Enak

Balbal Gresik
Balbal Gresik [image source]

Kalau sedang malas ke mana-mana tapi tetap ingin ngemil, pesan saja Balbal Gresik melalui WA 0838-3294-9666. Jajanan ini terbuat dari adonan risol, namun dibuat seperti bola-bola dengan berbagai isian. Kamu bisa pilih isi telur puyuh, mayonaise, sampai keju mozarella yang bikin nagih. Makin enak kalau dicocolin dengan sambalnya. Camilan unik dan bikin kenyang ini murah banget, harganya mulai dari 6000 rupiah saja.

3. Bakso Khusus Pecinta Pedas

Bakso Jemblong Gresik
Bakso Jemblong Gresik [image source]

Siapa sih yang nggak doyan bakso? Namun yang satu ini sepertinya dibuat khusus untuk pecinta pedas. Bakso Jemblong yang ada di Jl. Arif Rahman Hakim Pasar Senggol ini memiliki pilihan menu yang hampir semuanya dipenuhi dengan cabe. Tenang saja, ada juga yang isi keju dan telur, kok. Bikin ngiler, deh.

4. Soto Babat Jeroan, Nikmatnya Tanpa Tandingan

Soto Babat Cak Nan
Soto Babat Cak Nan [image source]

Bingung sarapan apa saat jalan-jalan ke Gresik? Ke Jalan Sumatera no. 25 GKB saja, dan pesan semangkuk penuh kebahagiaan berisi Soto Babat Jeroan Cak Nan yang sudah buka sejak jam 6 pagi. Segarnya kuah soto ini lebih kental dengan rasa yang luar biasa segar. Yakin tak mau nambah?

5. Kepiting Bumbu Mentega yang Menggoda

Sari Laut Cak Mat
Sari Laut Cak Mat [image source]

Mana nih yang mengaku seafood lover? Coba berbagai menu di Sari Laut Cak Mat, salah satunya adalah Kepiting Bumbu Mentega yang dari wanginya saja sudah menggoda. Sari Laut Cak Mat sudah banyak cabangnya, salah satunya ada di Jl. KH Syafiꞌi No.108, Suci, Manyar. Bisa pesta kepiting sampai kenyang, nih.

6. Pecel Disiram Rawon Super Gurih

Pecel Rawon Mba Mina Gresik
Pecel Rawon Mba Mina Gresik [image source]

Pecel dikenal sebagai salah satu kuliner khas di Jawa Timur. Namun di beberapa kota termasuk Gresik, pecelnya sangat unik karena disajikan dengan kuah rawon. Datang saja ke Gang Giri Kedaton Jalan Sunan Giri dan mencicipi Pecel Rawon Mba Mina. Hanya dengan membayar sebesar sekitar 8 ribu rupiah, kamu sudah bisa merasakan sendiri sensasi unik dan enak dari kuliner yang satu ini.

7. Kupang Alun-alun Gresik, Bikin Nagih

Kupang Alun-alun Gresik
Kupang Alun-alun Gresik [image source]

Kupang merupakan sejenis hewan laut seperti tiram atau kerang yang kecil-kecil. Ternyata, hewan mini ini bisa dimasak menjadi kuliner yang enak dengan kuah petis yang gurih. Kamu bisa mencicipi kupang di Alun-alun Gresik. Hanya dengan harga sekitar 12 ribu rupiah, sepiring lontong kupang nikmat ini bisa menjadi menu makan siangmu.

8. Segarnya Minum Juice

Juice Time
Juice Time [image source]

Kalahkan panas matahari Gresik dengan minuman dingin dari Juice Time yang ada di Jalan Sindujoyo 53, Gresik. Tak hanya sarinya, setiap gelasnya juga dilengkapi dengan potongan buah yang segar, seperti mangga dan alpukat. Bahkan juga ada taburan Milo-nya. Segelasnya hanya 15 ribu rupiah. Coba juga jus yang diberi topping arum manis. Yummy!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here